Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Perangkat Umum Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020


Pada kesempatan ini, kami berbagi Perangkat Umum Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2019/2020 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Oleh karena itu, berikut Perangkat Umum Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari:

1. Bahasa Indonesia
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

2. Bahasa Inggris
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

3. Bahasa Arab
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

4. Matematika
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

5. PPKn
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

6. IPA Terpadu
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

7. IPS Terpadu
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

8. Penjaskes
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

9. SBK
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

10. Prakarya
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

11. TIK
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

12. MULOK (Ke-NW-An, Ilmu Tajwid, Nahwu/Sharef, Faraid, dll).
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat file yang lengkap diatas, silahkan lihat...Cara mendapatkan file dan ketentuannya.
Download juga perangkat pembelajaran K-13 tingkat SD/MI:
Demikian, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Share:

Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2020/2021 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Oleh karena itu, berikut Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam bentuk buku kerja guru yang terdiri dari:
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Adapun Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari:

1. Qur'an Hadist
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

2. Aqidah Akhlak
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

3. Sejarah Kebudayaan Islam
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

4. Fiqih
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.
Download juga:

Demikian Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Share:

Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2020/2021 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Oleh karena itu, berikut Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam bentuk buku kerja guru yang terdiri dari:
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Adapun Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari:

1. Qur'an Hadist
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

2. Aqidah Akhlak
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

3. Sejarah Kebudayaan Islam
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

4. Fiqih
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.
Download juga:

Demikian Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Share:

Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2020/2021 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Oleh karena itu, berikut Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam bentuk buku kerja guru yang terdiri dari:
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Adapun Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari:

1. Qur'an Hadist
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

2. Aqidah Akhlak
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

3. Sejarah Kebudayaan Islam
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

4. Fiqih
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.
Download juga:

Demikian Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Share:

Hasil Rapat BSNP Bahwa Mapel UN Tidak Diujikan di USBN.


Info Ujian_Beban harus menghadapi banyak ujian sebelum kelulusan tidak akan lagi dihadapi siswa. Sebab, ada perubahan signifikan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2020. Yakni, tidak mengujikan kembali di ujian sekolah berstandar nasional (USBN) untuk mata pelajaran yang sudah diujikan di UN.

Kabar perubahan tersebut diungkapkan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kemenag Rohmat Mulyana. Dia mengaku baru saja mengikuti rapat bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). ”Memang betul ada pedoman dan perubahan signifikan,” jelasnya di sela-sela paparan penyelenggaraan Gelar Pentas PAI di kantor Kemenag kemarin (2/10).

BSNP merupakan otoritas penyelenggara UN. Menurut Rohmat, dalam rapat tersebut dikaji skema baru. Yakni, mapel yang sudah diujikan di UN tidak perlu diujikan di USBN.

Anggota BSNP Doni Koesoema membenarkan bahwa ada rencana baru dalam UN 2020. ”Tapi, ini belum final. Masih kami kaji,” katanya tadi malam.

Pertimbangan modifikasi UN dan USBN itu adalah mengurangi beban siswa. Khususnya siswa kelas XII SMA sederajat. Namun, BSNP tetap menjaga kualitas lulusan siswa sesuai standar yang telah ditetapkan.

Doni menuturkan, anak kelas XII SMA itu mengikuti sekurang-kurangnya empat ujian yang hampir berdekatan. Mulai ujian akhir semester genap, disusul ujian sekolah, USBN, dan UN.
Share:

Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Dalam menghadapi ujian Nasioanal nanti, kami berbagi Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Soal ini dilengkapi jawaban sebagai persiapan dalam ujian nasional nantinya agar bisa menjawab soal dengan mudah.

Berikut Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020:

Pilihan Ganda
1. Bacalah teks berikut.
Arus urbanisasi yang kian meningkat perlu mendapat perhatian yang serius dari aparat pemerintah. Oleh sebab itu, diharapkan seluruh masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi guna menekan arus urbanisasi yang kian meningkat. Berbagai masalah kini bermunculan akibat arus urbanisasi yang sulit dihentikan.
Kota-kota semakin padat. Secara otomatis tempat tinggal menjadi kurang memadai. Lapangan kerja menjadi berkurang sehingga tidak mustahil bila banyak terjadi kasus kriminalitas demi sesuap nasi. Kesehatan menjadi menurun karena lingkungan yang kumuh, dan semakin banyaknya pencemaran. Hal-hal semacam itu tentunya sangat mengganggu jalannya pembangunan.

Berikut ini adalah kesimpulan dari informasi yang disajikan pada paragraf di atas, kecuali ....

(A) Arus Urbanisasi mengakibatkan lapangan kerja di kota menjadi berkurang.
(B) Urbanisasi menyebabkan padatnya penduduk.
(C) Pemerintah sangat memperhatikan arus urbanisasi yang kian meningkat.
(D) Banyaknya kasus kriminalitas juga diakibatkan tingginya urbanisasi.
(E) Padatnya penduduk kota lingkungan menjadi kumuh dan kesehatan masyarakat menurun.

Bacalah kutipan teks eksplanasi  berikut ini untuk menjawab soal nomor 2 s.d. 5 ! 
(1) Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). (2) Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. (3) Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. (4) Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir. (5) Baik banjir yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia, perlu diwaspadai dan diatasi.

2. Pernyataan umum dalam paragraf di atas terletak  pada kalimat nomor ... .
A.1        
B. 2                   
C. 3                        
D. 4                                   
E. 5

3. Urutan peristiwa sebab akibat dalam paragraf  tersebut   adalah ... .
A. 1, 2, 3         
B. 1, 3, 5                 
C. 3, 4, 5        
D. 2, 3, 5              
E. 2, 3, 4

4. Jenis kalimat yang digunakan dalam kalimat nomor 1 paragraf di  atas adalah...
A. kalimat definisi     
B. kalimat interogatif 
C. kalimat imperatif 
D. kalimat kompleks 
E. kalimat deskriptif

5. Ciri bahasa yang dipakai dalam kalimat (5) dalam teks paragraf di atas adalah ...
A.  Menggunakan istilah asing dan berupa klausa simpleks
B.  Menggunakan konjungsi dan verba relasional
C.  Menggunakan verba material dan berupa kalimat definisi
D.  Menggunakan konjungsi sebab akibat dan berupa klausa kompleks
E.  Menggunakan verba relasional dan istilah asing

6. Bacalah teks berikut.
Gempa es adalah  gempa yang terjadi di daerah Antartika akibat adanya gletser. Seorang peneliti mempelajari bagaimana gletser membuat gempa es di Antartika. Gempa es tersebut disebabkan oleh gravitasi dan gelombang pasang-surut. Gaya gravitasi menyebabkan aliran Es Whilans tertarik. Tarikan gaya gravitasi menimbulkan daratan es pecah dengan lebar sekitar 96.5 km dan panjang sekitar 482 km ke arah Laut Ross. Gelombang dan pasang mendorong lempeng Es Ross, menghantam gletser yang turun. Gletser terhenti. Saat gelombang surut, es tiba-tiba maju dengan gerakan yang setara dengan gempa berkekuatan 7 pada skala Richter.

Teks di atas memiliki struktur….
A. Pernyataan umum ^ aspek yang dilaporkan
B. Tujuan ^ langkah-langkah
C. Orientasi ^ krisis ^ reaksi ^ koda
D. Pernyataan umum ^ urutan sebab-akibat
E. Pernyataan umum ^ argumentasi ^ reorientasi

7. Gunung es terbuat dari kumpulan es air tawar yang terbawa ke laut karena adanya pecahan gletser, atau ketika potongan es terpisah dari lapisan es yang mengapung. Sebagian kecil es mengapung di antara air laut yang asin, sedangkan bagian yang tebal tidak terlihat di bawahnya. Gunung es berasal dari daratan. Oleh karena itu, gunung es mengandung batuan besar maupun kecil yang terbawa gletser atau lapisan es dari batuan padat. Batuan itu menyebabkan gunung es menjadi berat sehingga melesap lebih dalam di laut.

Topik teks di atas adalah….
A. Fenomena gunung es
B. Proses terjadinya gunung es
C. Pecahan gletser
D. Air tawar membantu terjadinya es
E. Gunung es tidak terlihat dari atas

8. Perhatikan langkah membuat teks eksplanasi Berikut.
1. Menentukan topik   3. Membuat kerangka karangan
2. Menyusun tulisan    4. Menyunting tulisan

Langkah-langkah yang tepat untuk membuat teks eksplanasi adalah….
A. 1-2-3-4                  
B. 4-3-1-2            
C. 1-3-2-4               
D. 2-3- 4-1       
E.  2-3-1-4

9. Kalimat pernyataan umum yang tepat untuk teks eksplanasi tentang kekeringan yaitu….
A. Bencana kekeringan sudah terjadi di mana  mana.
B. Kekeringan menyebabkan kebakaran.
C. Kekeringan diakibatkan ketiadaannya air dalam waktu yang lama
D. Cuaca yang kering sangat buruk untuk kesehatan.
E. Kekeringan merupakan salah satu fenomena alam ketika musim kering terjadi dalam waktu  yang cukup lama.

10. Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.

Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Banjir disebabkan oleh alam dan manusia.
2. Curah hujan merupakan faktor dari alam.
3. Perubahan tata guna lahan merupakan faktor manusia.
4. Erosi dan kerusakan bangunan merupakan faktor dari manusia.
Pernyataan di atas yang benar adalah ….
A. 1,2,3           
B. 1 dan 3       
C. 2 dan 4       
D. 4 saja             
E. 1,2,3,4     

Pilihlah jawaban yang paling benar!
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11‑13)
(1) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah. (2) Peristiwa tersebut tidak hanya penting diketahui oleh rakyat Indonesia sendiri, tetapi juga harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. (3) Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang.

11. Cuplikan di atas mengenalkan fenomena ....
A. peristiwa proklamasi sebagai peristiwa bersejarah
B. bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka
C. pentingnya dunia mengenal peristiwa proklamasi
D. Soekarno Hatta sebagai tokoh proklamator Indonesia
E. para pejuang berhasil memrpoklamasikan kemerdekaan Indonesia

12. Paragraf di atas disusun dengan pola ….
A. kausalitas                          
B. generalisasi                                     
C. spesialisasi
D. kronologis
E. komparasi

13. Kalimat yang menggunakan keterangan waktu dan konjungsi penyebaban dalam cuplikan di atas dinyatakan dengan nomor ….
A. (1)                                       
B. (2)                                       
C. (3)
D. (1) dan (2)
E. (2) dan (3)

(Cuplikan teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 14‑15)
Presiden Sukarno beserta rombongan memasuki lapangan . Presiden melakukan pidato dan bendera Merah Putih pun dikibarkan. Untuk menghindari insiden dengan tentara Jepang, Bung Karno hanya menyampaikan sedikit pesan kepada rakyat agar tetap percaya kepada pimpinan. Masyarakat kembali ke tempat mereka masing-masing dengan tertib dan tenang.

14. Teks di atas menjelaskan peristiwa ….
A. Pidato Presiden Sukarno di lapangan
B. penyambutan Presiden Sukarno
C. perlawanan rakyat terhadap Jepang
D. ketertiban dan ketenangan masyarakat
E. hubungan baik pemimpin dengan rakyatnya

15. Keterangan cara dinyatakan dalam kalimat ….
A. pertama                              
B. kedua                                  
C. ketiga
D. keempat
E. pertama dan keempat

16. Berikut ini yang tidak termasuk kalimat yang menggunakan keterangan waktu ...
A. Pada usia dua minggu, embrio manusia merupakan sebuah cakram pipih.
B. Pada bulan ketiga, bentuk manusia telah terwujud.
C. Pada tahap ini, embrio disebut fetus.
D. Selama bulan keenam, alis dan bulu mata timbul.
E. Lemak ditimbun di bawah kulit sehingga perlahan-lahan menghilangkan keriput pada kulit.

(Kedua cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 17‑18)
Teks I

Masuknya pengaruh India ke Indonesia diketahui sejak abad ke-4 Masehi, yaitu dengan ditemukannya tulisan (prasasti) di Kalimantan Timur. Prasasti-prasasti itu ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan huruf Palawa. Tradisi tulis-menulis itu tentunya membutuhkan pengetahuan tinggi dan pada waktu itu kebiasaan tersebut hanya dikuasai oleh kaum Brahmana. Kaum Brahmana merupakan kasta atau golongan yang tertinggi di kalangan orang-orang Hindu.

Teks II
Pengaruh dari pemakaian NAPZA sangat berbeda untuk setiap orang. Hal tersebut tergantung berapa banyak yang ia gunakan, cara pemakaian, kondisi badan, serta faktor lainnya. Adapun pengaruh jangka pendek yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut.

17. Perbedaan kedua cuplikan teks di atas adalah ….
A. teks I prosedural kompleks, Teks II eksplanasi kompleks
B. teks I berpola kronologis, teks II berpola kausalitas
C. teks I bertema sejarah, teks II bertema kesehatan
D. teks I menggunakan keterangan cara, teks II menggunakan keterangan waktu
E. teks I menggunakan konjungsi, teks II tidak menggunakan konjungsi

18. Persamaan kedua cuplikan teks tersebut adalah ....
A. sama-sama berkategori genre faktual
B. sama-sama berpola kronologis
C. sama-sama menjelaskan suatu proses
D. sama-sama merupakan bagian dari teks eksplanasi
E. sama-sama menggunakan kata ganti persona

(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 19‑20)
Penggunaan yang dimulai dengan coba-coba kemudian menjadi ketergantungan (adiksi) baik fsik (bila tidak dipenuhi timbul rasa sakit) maupun psikis (rasa rindu yang dalam untuk menggunakannya) mengakibatkan overdosis dan terjadinya gejala putus obat pada penghentian penggunaan. Terjadinya ketergantungan melalui proses, pada awalnya menggunakan kembali untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

19. Persamaan teks di atas dengan cerpen adalah ....
A. sama-sama memiliki tema
B. sama-sama memiliki latar
C. sama-sama memiliki jalan cerita
D. sama-sama menggunakan sudut pandang
E. sama-sama menggunakan fakta

20. Konjungsi yang bermakna kronologis dinyatakan dengan kata ….
A. yang
B. pada
C. kemudian
D. untuk
E. maupun

Soal Uraian
1. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!

2. Peristiwa banjir merupakan salah satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertema banjir. Kembangkan tulisanmu dengan menggunakan pola sebab akibat atau hubungan kausalitas.

3. Analislah kebahasaan teks eksplanasi yang telah Anda buat yang meliputi kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, dan kata penghubung dan kausalitas.


Berikut ini Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi, semoga bisa membantu dalam menjawab soal.

Pilihan Ganda

1. C
2. A
3. E
4. A
5. B
6. D
7. B
8. C
9. E
10. A
11. A
12. A
13. C
14. E
15. D
16. E
17. C
18. D
19. C
20. C

Uraian
1. Struktur teks eksplanasi

Teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.
a. Identifikasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya. Bagian ini disebut juga dengan pernyataan umum.

b. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa:

1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.

2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.

Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya. Bagian ini disebut juga dengan interpretasi.

2. Contoh teks eksplanasi

Proses Terjadinya Banjir

Banjir adalah peristiwa terjadinya air yang mengenai daratan dan dapat menyebabkan kerusakan fisik pada daratan tersebut dan dapat membuat kerugian sosial dan ekonomi pada lingkungan sekitar yang terkena banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. Secara nonilmiah banjir dapat terjadi karena ulah manusia.

Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan setelah itu masuk ke permukaan tanah mengalir ke tempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar ke permukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah dapat menjadi bancana bagi manusia bila banjir itu mengenai manusia dan menyebabkan kerugian bagi manusia.

Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah manusia seperti,membuang sampah tidak pada tempatnya dan menyebabkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pembuangannya semakin lama semakin menguap setelah itu tinggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.

Proses banjir itu dapat terjadi secara alamiah dan karena ulah manusia. Manusia dapat mengalami kerugian karena banjir itu karena mereka mendiami tempat tinggal yang secara alamiah merupakan dataran banjir. Jadi bila manusia bertempat tinggal di dataran yang sering terkena banjir bukan banjirlah yang mendatangi manusia tapi manusialah yang mendatangi banjir.

3. Analisis kebahasaan teks eksplanasi
a. Banyak menggunakan kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahasnya.
Contoh: hujan lokal, propagasi limpasan

b. Banyak menggunakan konjungsi kausalitas ataupun kronologis.
    Konjungsi kausaltias, antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga.
Contoh kalimat: Secara non ilmiah banjir dapat terjadi karena ulah manusia.

c. Banyak menggunakan kata bermakna denotative.

Contoh
Banjir : peristiwa terjadinya air yang mengenai daratan
Hujan : titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan

d. Banyak menggunakan kata kerja pasif. Seperti kata disebabkan, terkena, dan sebagainya.

Contoh kalimat: Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. 

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi