Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Download Silabus Agama Kelas 1 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi file Kumpulan Silabus Agama Kelas 1 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020.

Dalam menyambut awal semester 1 dan semester 2, kita sebagai guru mempunyai tugas yang harus dituntaskan, yaitu menyusun sebuah perangkat pembelajaran yang meliputi Prota, Promes, Silabus, dan RPP serta penilaian yang lainnya.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Berdasarkan perrmendikbud No. 22 tahun 2016 tentang standar proses, komponen silabus meliputi:

a. Identitas Mata Pelajaran
  1. Identitas Mata Pelajaran; tulislah mata pelajaran PPKn
  2. Identitas Sekolah; tulislah nama sekolah saudara dan kelas, 
  3. Program Studi; tulislah nama program studi yang akan disusun silabusnya.
  4. Kelas/semester; tulislah kelas dan semester dimana silabus ini akan dikembangkan. 
b. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. 

Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula. Kompetensi inti bisa dikutip dari permendikbud No. 21/2016 atau permendikbud No. 24/2016 lampiran 20. 

c. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh siswa atau kemampuan minimal yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa dari standar kompetensi untuk suatu mata pelajaran. 

d. Materi Pokok dan Uraian materi
Adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari oleh siswa sebagai sarana pencapaian Kompetensi Dasar atau tujuan pembelajaran. 

e. Kegiatan Pembelajaran atau Pengalaman Belajar
Pengalaman belajar adalah kegiatan fisik maupun mental yang perlu dilakukan oleh siswa dalam berinteraksi dengan obyek belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan materi pokok. 

Kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan yang dil akukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan Berbagai alternatif pengalaman belajar dapat dipilih sesuai dengan jenis ompetensi serta materi yang dipelajari. 

Dengan demikian pengalaman belajar menunjukkan aktivitas yang dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan obyek belajar untuk mencapai kompetensi dasar

f. Penilaian 
Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Bentuk penilaian berbasis kelas dapat dilakukan melalui tes maupun non tes. 

Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secara lisan, tertulis dan perbuatan, sedangkan bentuk penilaian non tes dilakukan dengan menggunakan jurnal, lembar observasi, skala sikap, cek list, kuesioner, observasi, studi kasus dan portofolio . 

g. Alokasi Waktu
Alokasi waktu pembelajaran suatu kompetensi dasar tertentu diperhitungkan berdasarkan analisis dan atau pengalaman penggunaan jam pelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar di kelas. 

Jadi, alokasi waktu berisi perkiraan alokasi waktu yang akan digunakan dalan mencapai kompetensi yang diharapkan.

h. Sumber Belajar
Dalam proses belajar mengajar, sarana pembelajaran sangat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sarana pembelajaran dalam uraian ini lebih ditekankan pada sarana dalam arti media/alat peraga.

Berikut Kumpulan Silabus Agama Kelas 1 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020:

1. Akidah Akhlak 
Semester 1 dan 2....Download
2. Fiqih
Semester 1 dan 2....Download
3. Qur'an Hadist
Semester 1 dan 2....Download
4. Bahasa Arab
Semester 1 dan 2....Download

 Download juga:

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Download Silabus Agama Kelas 2 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi file Kumpulan Silabus Agama Kelas 2 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020.

Dalam menyambut awal semester 1 dan semester 2, kita sebagai guru mempunyai tugas yang harus dituntaskan, yaitu menyusun sebuah perangkat pembelajaran yang meliputi Prota, Promes, Silabus, dan RPP serta penilaian yang lainnya.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Berikut Kumpulan Silabus Agama Kelas 2 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020:

1. Akidah Akhlak 
Semester 1 dan 2....Download
2. Fiqih
Semester 1 dan 2....Download
3. Qur'an Hadist
Semester 1 dan 2....Download
4. Bahasa Arab
Semester 1 dan 2....Download

 Download juga:

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Download Silabus Agama Kelas 3 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi file Kumpulan Silabus Agama Kelas 3 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020.

Dalam menyambut awal semester 1 dan semester 2, kita sebagai guru mempunyai tugas yang harus dituntaskan, yaitu menyusun sebuah perangkat pembelajaran yang meliputi Prota, Promes, Silabus, dan RPP serta penilaian yang lainnya.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Berikut Kumpulan Silabus Agama Kelas 3 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020:

1. Akidah Akhlak 
Semester 1 dan 2....Download
2. Fiqih
Semester 1 dan 2....Download
3. Qur'an Hadist
Semester 1 dan 2....Download
4. SKI
Semester 1 dan 2....Download
5 Bahasa Arab
Semester 1 dan 2....Download

Download juga:

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Download Silabus Agama Kelas 4 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi file Kumpulan Silabus Agama Kelas 4 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020.

Dalam menyambut awal semester 1 dan semester 2, kita sebagai guru mempunyai tugas yang harus dituntaskan, yaitu menyusun sebuah perangkat pembelajaran yang meliputi Prota, Promes, Silabus, dan RPP serta penilaian yang lainnya.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Berikut Kumpulan Silabus Agama Kelas 4 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020:

1. Akidah Akhlak 
Semester 1 dan 2....Download
2. Fiqih
Semester 1 dan 2....Download 1 dan Download 2
3. Qur'an Hadist
Semester 1 dan 2....Download
4. SKI
Semester 1 dan 2....Download
5 Bahasa Arab
Semester 1 dan 2....Download

 Download juga:

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Download Silabus Agama Kelas 5 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi file Silabus Agama Kelas 5 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020.

Dalam menyambut awal semester 1 dan semester 2, kita sebagai guru mempunyai tugas yang harus dituntaskan, yaitu menyusun sebuah perangkat pembelajaran yang meliputi Prota, Promes, Silabus, dan RPP serta penilaian yang lainnya.

Download juga:


Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Berikut Kumpulan Silabus Agama Kelas 5 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020:

1. Akidah Akhlak 
Semester 1 dan 2....Download
2. Fiqih
Semester 1 dan 2....Download
3. Qur'an Hadist
Semester 1 dan 2....Download
4. SKI
Semester 1 dan 2....Download
5 Bahasa Arab
Semester 1 dan 2....Download

Demikian Kumpulan Silabus Agama Kelas 5 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020, semoga bermanfaat.
Share:

Download Silabus Agama Kelas 6 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi file Kumpulan Silabus Agama Kelas 6 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2019/2020.

Dalam menyambut awal semester 1 dan semester 2, kita sebagai guru mempunyai tugas yang harus dituntaskan, yaitu menyusun sebuah perangkat pembelajaran yang meliputi Prota, Promes, Silabus, dan RPP serta penilaian yang lainnya.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Berdasarkan perrmendikbud No. 22 tahun 2016 tentang standar proses, komponen silabus meliputi:

a. Identitas Mata Pelajaran
  1. Identitas Mata Pelajaran; tulislah mata pelajaran PPKn
  2. Identitas Sekolah; tulislah nama sekolah saudara dan kelas, 
  3. Program Studi; tulislah nama program studi yang akan disusun silabusnya.
  4. Kelas/semester; tulislah kelas dan semester dimana silabus ini akan dikembangkan. 
b. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. 


Download juga:

Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula. Kompetensi inti bisa dikutip dari permendikbud No. 21/2016 atau permendikbud No. 24/2016 lampiran 20. 

c. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh siswa atau kemampuan minimal yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa dari standar kompetensi untuk suatu mata pelajaran. 

d. Materi Pokok dan Uraian materi
Adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari oleh siswa sebagai sarana pencapaian Kompetensi Dasar atau tujuan pembelajaran. 

e. Kegiatan Pembelajaran atau Pengalaman Belajar
Pengalaman belajar adalah kegiatan fisik maupun mental yang perlu dilakukan oleh siswa dalam berinteraksi dengan obyek belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan materi pokok. 

Kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan yang dil akukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan Berbagai alternatif pengalaman belajar dapat dipilih sesuai dengan jenis ompetensi serta materi yang dipelajari. 

Dengan demikian pengalaman belajar menunjukkan aktivitas yang dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan obyek belajar untuk mencapai kompetensi dasar

f. Penilaian 
Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Bentuk penilaian berbasis kelas dapat dilakukan melalui tes maupun non tes. 

Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secara lisan, tertulis dan perbuatan, sedangkan bentuk penilaian non tes dilakukan dengan menggunakan jurnal, lembar observasi, skala sikap, cek list, kuesioner, observasi, studi kasus dan portofolio . 

g. Alokasi Waktu
Alokasi waktu pembelajaran suatu kompetensi dasar tertentu diperhitungkan berdasarkan analisis dan atau pengalaman penggunaan jam pelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar di kelas. 

Jadi, alokasi waktu berisi perkiraan alokasi waktu yang akan digunakan dalan mencapai kompetensi yang diharapkan.

h. Sumber Belajar
Dalam proses belajar mengajar, sarana pembelajaran sangat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sarana pembelajaran dalam uraian ini lebih ditekankan pada sarana dalam arti media/alat peraga.

Berikut Kumpulan Silabus Agama Kelas 6 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013:

1. Akidah Akhlak 
Semester 1 dan 2....Download
2. Fiqih
Semester 1 dan 2....Download
3. Qur'an Hadist
Semester 1 dan 2....Download
4. SKI
Semester 1 dan 2....Download
5. Bahasa Arab
Semester 1 dan 2....Download

Demikian Kumpulan Silabus Agama Kelas 6 Tingkat SD/MI Kurikulum 2013, semoga bermanfaat.
Share:

Pengertian, Prinsip dan Tahap-Tahap Pengembangan Silabus Pembelajaran.


Pada kesmpatan ini kami berbagi artikel tentang Pengertian, Prinsip dan Tahap-Tahap Pengembangan Silabus Pembelajaran.

Tujuannya yaitu menambah wawasan kita dalam pengembangan silabus pembelajaran sebagai langkah dalam menyiapkan bahan-bahan ajar kepada peserta didik.

Berikut penjelasan Pengertian, Prinsip dan Tahap-Tahap Pengembangan Silabus Pembelajaran.

A. Pengertian Silabus
Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pokok, Kegiatan pembelajaran, Alokasi Waktu, Sumber Belajar,  dan Penilaian. Dengan demikian, silabus pada dasarnya menjawab permasalahan-permasalahan sebagai berikut.

1. Kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai dengan yang dirumuskan oleh  Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).

2. Materi Pokok apa sajakah yang perlu dibahas dan dipelajari peserta didik untuk mencapai Standar Isi.

3. Kegiatan pembelajaran yang bagaimanakah yang seharusnya diskenariokan oleh guru sehingga peserta didik mampu berinteraksi dengan objek belajar.

4. Indikator apa sajakah yang harus ditentukan untuk mencapai Standar Isi.

5. Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi berdasarkan Indikator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai.

6. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai Standar Isi tertentu.

7. Sumber Belajar apa sajakah yang dapat diberdayakan untuk mencapai Standar Isi tertentu.


B. Pengembang Silabus
Pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.

1. Guru
Sebagai tenaga profesional yang memiliki tanggung jawab langsung terhadap kemajuan belajar siswa, seorang guru diharapkan mampu mengembangkan silabus sesuai dengan kompetensi mengajarnya secara mandiri. Di sisi lain guru lebih mengenal karakteristik siswa dan kondisi sekolah serta lingkungannya.

2. Kelompok Guru
Apabila guru kelas atau guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru kelas atau guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan dipergunakan oleh sekolah tersebut

3. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah  lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus Pembelajaran yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.

4. Dinas Pendidikan
Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Dalam pengembangan silabus ini sekolah, kelompok kerja guru, atau dinas pendidikan dapat meminta bimbingan teknis dari perguruan tinggi, LPMP, atau unit utama terkait yang ada di Departemen Pendidikan Nasional

C. Prinsip Pengembangan Silabus
1. Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertangungjawabkan secara keilmuan.

2. Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.

3. Sistematis
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

4. Konsisten
Ada hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian.

5. Memadai
Cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapain kompetensi dasar.

6. Aktual dan Kontekstual
Cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

7. Fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi variasi peserta didik, pendidikan, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.  Sementara itu, materi ajar ditentukan berdasarkan dan atau memperhatikan kultur daerah masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar kehidupan peserta didik tidak tercerabut dari lingkungannya.

8. Menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

9. Desentralistik
Pengembangan silabus ini bersifat desentralistik.  Maksudnya bahwa kewenangan pengembangan silabus bergantung pada daerah masing-masing, atau bahkan sekolah masing-masing.  

D. Tahap-tahap Pengembangan Silabus Pembelajaran

1. Perencanaan
Tim yang ditugaskaan untuk menyusun silabus terlebih dahulu perlu mengumpulkan informasi dan mempersiapkan kepustakan atau referensi yang sesuai untuk mengembangkan silabus. Pencarian informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat teknologi dan informasi seperti multi media dan internet.

2. Pelaksanaan
Dalam melaksanakan penyusunan silabus perlu memahami semua perangkat yang berhubungan dengan penyusunan silabus Pembelajaran, seperti Standar Isi yang berhubungan dengan mata pelajaran yang bersangkutan dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

3. Perbaikan
Buram silabus perlu dikaji ulang sebelum digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pengkajian dapat melibatkan para spesialis kurikulum, ahli mata pelajaran, ahli didaktik-metodik, ahli penilaian, psikolog, guru/instruktur, kepala sekolah, pengawas, staf profesional dinas pendidikan, perwakilan orang tua siswa, dan siswa itu sendiri.

4. Pemantapan
Masukan dari pengkajian ulang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memperbaiki buram awal. Apabila telah memenuhi kriteria dengan cukup baik dapat segera disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya.

Download juga:


5. Penilaian silabus
Penilaian pelaksanaan silabus perlu dilakukan secara berkala dengan mengunakaan model-model penilaian kurikulum.

Demikian, semoga bermanfaat dalam pengembangan silabus di sekolah atau madrasah.
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi