Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Download Silabus Agama K-13 Revisi 2017 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020.


Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Bisa kita simpulkan bahwa silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut:
  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan/membentuk kompetensi tersebut
  3. upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus itu sangat berperan sekali dalam berlangsungnya proses belajar mengajar di sekolah atau Madrasah. 

Oleh karena itu, ada kesempatan ini kami berbagi Kumpulan Silabus  Agama K-13 Revisi 2017 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020:

1. Qur'an Hadist
2. Aqidah Akhlak 
3. SKI
4. Fiqih
Share:

Download RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas IX Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020.


Perlu kita ketahui bahwa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. 

RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.

Download juga:
Berikut ini Kumpulan RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas IX Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020 :
    a). Semester 1
b). Semester 2 

Download juga:

Demikian Kumpulan RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas IX Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020, semoga bermanfaat.
Share:

Download RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas VIII Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020.


Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tentang Kumpulan RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas VIII Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020.

Perlu kita ketahui bahwa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. 

Jadi, RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.

Download juga:

Berikut ini Kumpulan RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas VIII Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020 :
a). Semester 1
b). Semester 2 

    Download juga:

    Demikian Kumpulan RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas VIII Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020, semoga bermanfaat.
    Share:

    Download RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas XI Semester 1 dan 2 Tingkat MA/SMA/SMK TP. 2019/2020.


    Perlu kita ketahui bahwa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. 

    Jadi, RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.

    Berikut ini RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas XI Semester 1 dan 2 Tingkat MA/SMA/SMK TP. 2019/2020:

    a. Semester 1
    a. RPP 1..........Download
    b. RPP 2..........Download
    c. RPP 3..........Download
    d. RPP 4..........Download 

    b. Semester 2
    RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas XII Semester 2 Tingkat MA/SMA/SMK TP. 2019/2020.......Download 

    Download juga:

    Demikian, semoga bermanfaat.
    Share:

    Download RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas X Semester 2 Tingkat MA/SMA/SMK TP. 2019/2020.


    Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2019/2020 ini, kami berbagi tentang RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tingkat MA/SMA/SMK TP. 2019/2020.

    Perlu kita ketahui bahwa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. 

    Jadi, RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.

    Berikut ini RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tingkat MA/SMA/SMK TP. 2019/2020:
    a. RPP Ki 3.1..........Download
    b. RPP Ki 3.2..........Download
    c. RPP Ki 3.3..........Download
    d. RPP Ki 3.4..........Download

    Selain itu,  bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan RPP bahasa Inggris, silahkan download juga RPP Bahasa Inggris kurikulum 2013 kelas VII tingkat MTs/SMP:

    a). Semester 1
    RPP 1.........Download
    RPP 2.........Download
    RPP 3.........Download
    RPP 4.........Download
    RPP 5.........Download
    RPP 6.........Download
        
    b). Semester 2 
    RPP 1.........Download
    RPP 2.........Download
    RPP 3.........Download
    RPP 4.........Download
    RPP 5.........Download

    Download juga:

    Demikian, semoga bermanfaat.
    Share:

    Download RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tingkat MA/SMA/SMK TP. 2019/2020.


    Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2019/2020 ini, kami berbagi tentang RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tingkat MA/SMA/SMK TP. 2019/2020.

    Perlu kita ketahui bahwa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.

    Jadi, RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.

    Download juga:

    Berikut ini RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tingkat MA/SMA/SMK TP. 2019/2020:
    a. RPP Ki 3.1..........Download
    b. RPP Ki 3.2..........Download
    c. RPP Ki 3.3..........Download
    d. RPP Ki 3.4..........Download

    Selain itu,  bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan RPP bahasa Inggris, silahkan download juga RPP Bahasa Inggris kurikulum 2013 kelas VII tingkat MTs/SMP:

    a). Semester 1
    RPP 1.........Download
    RPP 2.........Download
    RPP 3.........Download
    RPP 4.........Download
    RPP 5.........Download
    RPP 6.........Download
        
    b). Semester 2 
    RPP 1.........Download
    RPP 2.........Download
    RPP 3.........Download
    RPP 4.........Download
    RPP 5.........Download

    Download juga:
      Demikian, semoga bermanfaat.
      Share:

      Panduan Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Tahun 2019.


      Pada kesempatan ini kami berbagi Panduan Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Tahun 2019.

      Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. 

      Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indikator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

      Panduan Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Tahun 2019

      I. Pendahuluan

      Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.  

      Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

      II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
      Mencantumkan identitas :
      • Nama sekolah
      • Mata Pelajaran
      • Kelas/Semester
      • Alokasi Waktu
      Catatan:
      • RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
      • Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
      • Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.
      A. Standar Kompetensi

      Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. 

      Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
      • urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
      • keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
      • keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
      B. Kompetensi Dasar

      Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. 

      Download juga:


      Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
      • Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
      • Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
      • Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
      C.Tujuan Pembelajaran 

      Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. 

      Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan. 

      D. Materi Pembelajaran 

      Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

      E. Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran

      Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

      F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 

      Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan : 

      a. Pendahuluan 
      Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un¬tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. 

      b. Inti 
      Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di¬lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang¬kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. 

      c. Penutup 
      Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un¬tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. 
        
      G. Sumber Belajar 

      Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

      H. Penilaian 

      Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik  tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian. 

      Download juga:

      Demikian, semoga bermanfaat.
      Share:

      Hari/Tanggal

      ALIH BAHASA

      Daftar Isi