Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Download RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas VII Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020.


Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tentang Kumpulan RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas VII Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020.

Perlu kita ketahui bahwa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.

Download juga:


Jadi, RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.

Berikut ini Kumpulan RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas VII Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020:

    a). Semester 1
    b). Semester 2 

    Demikian Kumpulan RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas VII Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020, semoga bermanfaat.
    Share:

    Perbedaan RPP KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013 (K13).


    Pada kesempatan ini kami berbagi Perbedaan RPP KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013 (K13).

    RPP Kurikulum 2013 resmi diperkenalkan pada 15 Juli 2013. Sedangkan implementasinya diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014 secara terbatas di sekolah-sekolah tertentu. 

    Dulu dan kini, dunia pendidikan Indonesia telah sudah mengenal KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diperkenalkan sejak tahun ajaran 2007/2008. Berikut perbedaan diantara keduanya:

    A. Kurikulum 2013
    1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ditentukan terlebih dahulu kemudian baru Standar Isi yang berbentuk Kerangka Dasar Kurikulum.
    2. Aspek kompetensi kelulusan seimbang antara soft skills dan hard skills.
    3. Jenjang SD Tematik Terpadu kelas I – IV.
    4. Jam pelajaran per minggu lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit dibanding KTSP
    5. Pembelajaran di jenjang SD (tema) dan SMP/SMA/SMK (mata pelajaran) dilakukan dengan pendekatan ilmiah.
    6. TIK bukan mata pelajaran melainkan media pembelajaran.
    7. Standar penilaian gunakan penilaian otentik, mengukur semua kompetensi.
    8. Pramuka jadi ekstrakurikuler wajib.
    9. Penjurusan dimulai kelas X di jenjang SMA/MA.
    10. BK ditekankan untuk kembangkan potensi siswa.

    B. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
    1. Standar Isi ditentukan terlebih dahulu kemudian ditentukan SKL.
    2. Lebih metekankan ke aspek pengetahuan.
    3. Jejang SD Tematik untuk kelas I – III.
    4. Jam mata pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibanding Kurikulum 2013.
    5. Standar proses pembelajaran yakni Eksplorasi, Elaborasi, serta Konfirmasi.
    6. TIK jadi mata pelajaran.
    7. Penilaian dilakukan di aspek pengetahuan.
    8. Pramuka bukan jadi ekstrakurikuler wajib.
    9. Penjurusan mulai kelas XI jenjang SMA/MA.
    10. BK lebih pada menyelesaikan masalah siswa.

    Download juga:
    Sedangkan untuk RPP Kurikulum 2013 secara rinci memuat beberapa poin yang lebih pada penekanan sebagai berikut:
    1. Tujuan Pembelajaran
    2. Materi Pembelajaran
    3. Metode Pembelajaran
    4. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
    5. Sumber Belajar
    6. Penilaian
    Itulah beberapa perbedaan antara Kurikulum 2013 dan KTSP yang diterapkan di sekolah. Demikian, semoga bermanfaat.
    Share:

    Langkah-Langkah Penyusunan RPP Sesuai Kurikulum KTSP/K13.


    Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tentang Langkah-Langkah Penyusunan Rpp (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Sesuai Kurikulum KTSP/K13. 

    Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indikator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

    Langkah-langkah menyusun suatu rencana pelaksanaan pembelajaran meliputi beberapa hal berikut :

    a. Identitas Mata Pelajaran
    Tuliskan nama mata pelajaran, kelas, semester, dan alokasi waktu (jam pertemuan).

    b. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
    Tuliskan standar kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan Standar Isi.

    c. Indikator
    Pengembangan indikator dilakukan dengan beberapa pertimbangan berikut :
    1. Setiap KD/KI-KD dikembangkan menjadi beberapa indikator (lebih dari dua).
    2. Indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi.
    3. Tingkat kata kerja dalam indikator lebih rendah atau setara dengan kata kerja KD/KI atau SK.
    4. Prinsip pengembangan indicator adalah urgensi, Kontinuitas, Relevansi dan Kontekstual.
    5. Keseluruhan indicator dalam satu KD/KI-KD merupakan tanda-tanda, perilaku, dan lain-lain untuk pencapaian kompetensi yang merupakan kemampuan bersikap, berfikir dan bertindak secara konsisten.
    d. Materi Pembelajaran
    Cantumkan materi pembelajaran dan lengkapi dengan uraiannya yang telah dikembangkan dalam silabus. Dalam menetapkan dan mengembangkan materi perlu diperhatikan hasil dari pengembangan silabus, pengalaman belajar yang bagaimana yang ingin diciptakan dalam proses pembelajaran yang didukung oleh uraian materi materi untuk mencapai kompetensi tersebut.

    Hal yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan materi adalah kemanfaatan, alokasi waktu, kesesuaian, ketetapan, situasi dan kondisi lingkungan masyarakat, kemampuan guru, tingkat perkembangan peserta didik, dan fasilitas.

    Agar penjabaran dan penyesuaian kemampuan dasar tidak meluas dan melebar, maka perlu diperhatikan criteria untuk menyeleksi materi yang perlu diajarkan sebagai berikut:
    1. Sahih (valid), artimya materi yang akan dituangkan dalam pembelajaran benar-benar  telah teruji kebenaran dan kesahihannya.
    2. Relevansi, artinya relevan atau sinkron antara materi pembelajaran dengan kemampuan dasar yang ingin dicapai.
    3. Konsistensi, artinya ada keajegan antara materi pembelajaran dengan kemampuan dasar dan standar kompetensi.
    4. Adequasi (kecukupan), artinya cakupan materi pembelajaran yang diberikan cukup lengkap untuk tercapainya kemampuan yang telah ditentukan.
    5. Tingkat kepentingan, artinya dalam memilih materi perlu dipertimbangkan pertanyan berikut: sejauh mana materi tersebut penting dipelajari?  Penting untuk siapa? Di mana dan mengapa penting ? dengan demikian, materi yang dipilih untuk diajarkan tentunya memang yang benar-benar diperlukan oleh siswa.
    6. Kebermanfaatan, artinya materi yang diajarkan benar-benar bermanfaat, baik secara akademis, maupun nonakademis.
    7. Layak dipelajari, artinya materi tersebut memungkinkan untuk dipelajari, baik dari aspek tingkat kesulitannya (tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sulit) maupun aspek kelayakannya terhadap pemanfaatnya bahan ajar dan kondisi setempat.
    8. Menarik minat, artinya materi yang dipilih hendaknya menarik minat dan dapat memotivasi siswa untuk mempelajarinya lebih lanjut.
    e. Tujuan Pembelajaran
    Dalam tujuan pembelajaran dijelaskan apa tujuan dari pembelajaran tersebut. Tujuan pembelajaran diambil dari indikator.

    f. Strategi atau Skenario Pembelajaran
    Strategi atau skenario pembelajaran adalah strategi atau scenario apa dan bagaimana dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa secara terarah, aktif, efektif, bermakna dan menyenangkan. Strategi atau scenario pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh guru secara beruntun untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penentuan urutan langkah pembelajaran sangat penting artinya bagi materi-materi yang memerlukan prasyarat tertentu.

    Download juga:

    Rumusan pernyataan dalam langkah pembelajaran minimal mengandung dua unsur yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi. Syarat penting yang harus dipenuhi dalam pemilihan kegiatan siswa dan materi pembelajaran adalah:
    1. Hendaknya memberikan bagi siswa untuk mencari, mengolah, dan menemukan sendiri pengetahuan dibawah bimbingan guru;
    2. Merupakan pola yang mencerminkan cirri khas dalam pengembangan keterampilan dalam mata pelajaran yang bersangkutan , misalnya observasi dilingkungan sekitar;
    3. Disesuaikan dengan ragam sumber belajar dan sarana belajar yang tersedia;
    4. Bervariasi dengan mengombinasikan antar kegiatan belajar perseorangan, pasangan, kelompok, dan klasikal;
    5. Memperhatikan pelayanan terhadap perbedaan individual siswa seperti bakat, kemampuan, minat, latar belakang keluarga, social ekonomi, dan budaya, serta masalah khusus yang dihadapai siswa yang bersangkutan.
    Download juga:

    Demikian Langkah-Langkah Penyusunan RPP Sesuai Kurikulum KTSP/K13. Semoga bermanfaat. 
    Share:

    Pengertian RPP dan Cara Membuatnya Sesuai KTSP 2006.


    Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tentang Pengertian RPP dan Cara Membuatnya Sesuai KTSP 2006.

    Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. 

    Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

    RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.

    Download juga:

    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan.

    Sementara itu, rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.

    1. Tujuan dan Fungsi RPP
    Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk:
    1. Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar;
    2. Mengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
    Sementara itu, fungsi rencana pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.

    2. Unsur-unsur yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan RPP
    Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyususnan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah :
    • Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam silabus;
    • Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
    • Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
    • Penilaian dengan system pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada system pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.
    3. Komponen-komponen RPP

    Komponen-komponen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari :

    a. Identitas mata pelajaran
    Identitas mata pelajaran, meliputi : satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.

    b. Standar kompetensi
    Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/ atau semester pada suatu mata pelajaran.

    c. Kompetensi dasar
    Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

    d. Indikator pencapaian kompetensi
    Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

    e. Tujuan pembelajaran
    Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

    f. Materi ajar.
    Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.

    g. Alokasi waktu.
    Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.

    h. Metode pembelajaran
    Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI.

    i. Kegiatan pembelajaran

    1). Pendahuluan
    Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan, guru : (1) menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; (2) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; (3) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan (4) menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

    2). Inti
    Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

    3). Penutup
    Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

    Download juga:
    Demikian Pengertian RPP dan Cara Membuatnya Sesuai KTSP 2006 sebagai perangkat pembelajaran. Semoga bermanfaat bagi kita sebagai dewan guru. 
    Share:

    Download Buku Siswa Umum Kelas 9 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


    Pada kesempatan ini kami berbagi Buku Siswa Umum Kelas 9 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai sarana bahan ajar bagi peserta didik.


    Pada Tahun Pelajaran 2020/2021 ini semakin banyak madrasah yang harus menyelenggarakan Kurikulum 2013, terutama bagi kelas 7, kelas 8 dan kelas 9 Madrasah Tsanawiyah. Tentunya ini mengharuskan setiap guru dan siswa memiliki buku ini.

    Download juga:

    Dalam pelaksanaannya, Kurikulum 2013 mengalami beberapa kali pengembangan. Ini berimbas pada buku pegangan yang digunakan. Setelah dicetak pertama kali pada 2013, Buku Guru maupun Buku Siswa K13 ini mengalami beberapa kali revisi. Revisi pertama pada tahun 2014, dilanjutkan revisi tahun 2016, dan terakhir adalah edisi revisi 2017.

    Berikut ini kami berbagi 
    Kumpulan 
    Buku Siswa Umum Kelas 9 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021:

    1. Bahasa Indonesia
    • Kelas 9....... Buku Siswa

    2. Bahasa Inggris
    • Kelas 9....... Buku Siswa

      3. Matematika
      • Kelas 9....... Buku Siswa 1

      4. IPA Terpadu
      • Kelas 9....... Buku Siswa 1 dan Buku Siswa 2

      5. IPS Terpadu
      • Kelas 9....... Buku Siswa 1 dan Buku Siswa 2

      6. PKn
      • Kelas 9....... Buku Siswa

      7. SBK
      • Kelas 9....... Buku Siswa

      8. Penjaskes
      • Kelas 9....... Buku Siswa

      9. Prakarya
      • Kelas 9....... Buku Siswa

      10. TIK/Informatika


      Download juga:

      Demikian Buku Siswa Umum Kelas 9 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020, semoga bermanfaat.
      Share:

      Download Buku Siswa Umum Kelas 8 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


      Selamat datang kepada semua guru, pada kesempatan ini kami berbagi Buku Siswa Umum Kelas 8 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai sarana bahan ajar bagi peserta didik.


      Pada Tahun Pelajaran ini semakin banyak madrasah yang harus menyelenggarakan Kurikulum 2013, terutama bagi kelas 7 dan kelas 8 Madrasah Tsanawiyah. Tentunya ini mengharuskan setiap guru dan siswa memiliki buku ini.

      Download juga:

      Dalam pelaksanaannya, Kurikulum 2013 mengalami beberapa kali pengembangan. Ini berimbas pada buku pegangan yang digunakan. Setelah dicetak pertama kali pada 2013, Buku Guru maupun Buku Siswa K13 ini mengalami beberapa kali revisi. Revisi pertama pada tahun 2014, dilanjutkan revisi tahun 2016, dan terakhir adalah edisi revisi 2017.

      Berikut ini kami berbagi 
      Buku Siswa Umum Kelas 8 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021:

      1. Bahasa Indonesia

      2. Bahasa Inggris

        3. Matematika

        4. IPA Terpadu

        5. IPS Terpadu

        6. PPKn

        7. SBK

        8. Penjaskes

        9. Prakarya

        Download juga:

        Demikian Buku Siswa Umum Kelas 8 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat.
        Share:

        Download Buku Siswa Umum Kelas 7 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


        Selamat datang di blog saya, pada kesempatan ini saya berbagi Buku Siswa Umum Kelas 7 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai sarana bahan ajar bagi peserta didik.


        Pada Tahun Pelajaran baru ini semakin banyak madrasah yang harus menyelenggarakan Kurikulum 2013, terutama bagi kels VII Madrasah Tsanawiyah. Tentunya ini mengharuskan setiap guru dan siswa memiliki buku ini.


        Dalam pelaksanaannya, Kurikulum 2013 mengalami beberapa kali pengembangan. Ini berimbas pada buku pegangan yang digunakan. Setelah dicetak pertama kali pada 2013, Buku Guru maupun Buku Siswa K13 ini mengalami beberapa kali revisi. Revisi pertama pada tahun 2014, dilanjutkan revisi tahun 2016, dan terakhir adalah edisi revisi 2017.

        Berikut ini kami berbagi 
        Buku Siswa Kelas 7 Revisi 2017 pada mata pelajaran umum tingkat satuan pendidikan MTs/SMP:

        1. Bahasa Indonesia

        2. Bahasa Inggris

          3. Bahasa Arab

          4. Matematika

          5. IPA Terpadu

            6. PPKn

            7. SBK

            8. Penjaskes

            9. Prakarya


            Download juga:

            Download juga:

            Demikian Buku Siswa Umum Kelas 7 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021. Diharapkan dengan adanya file buku siswa ini, kualitas pendidikan di Indonesia semakin maju. 
            Share:

            Hari/Tanggal

            ALIH BAHASA

            Daftar Isi