- Penentuan Kebijakan Pembelajaran
- Prinsip kebijakan Pendidikan
- Dan lain-lain
Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19.
Contoh Surat Undangan Isra' Mi'Raj Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H.
Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi contoh surat undangan yang sering digunakan dalam perayaan hari besar Islam seperti perayaan Isra' Mi'Raj Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H.
Surat undangan untuk Tuan Guru dan masyarakat....Download
Kisi-kisi Agama Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.
Tujuannya yaitu sebagai refrensi tolak ukur atas materi yang sudah kita ajarkan kepada peserta didik.
Berikut ini kami berbagi beberapa kisi-kisi ujian semester ganjil (K-13) pada mata pelajaran agama dan Bahasa Arab pada tingkat satuan pendidikan MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021:
Demikian Kisi-kisi Pelajaran Agama Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai refrensi dalam pembuatan kisi-kisi semester ganjil nanti.
Kisi-kisi Umum Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.
Tujuannya yaitu sebagai refrensi tolak ukur atas materi yang sudah kita ajarkan kepada peserta didik.
Berikut Kisi-kisi Umum Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021:
Download KI KD Quran Hadist MTs Sesuai KMA 183 Tahun 2019.
Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2020/2021 ini, kami berbagi artikel Kumpulan KI KD Quran Hadist MTs Sesuai KMA 183 Tahun 2019 sebagai acuan dalam menyusun RPP tingkat MTs beserta silabusnya.
Untuk itu, dalam menyusun RPP tingkat MTs beserta silabusnya, harus mengacu pada KI-KD Madrasah Tsanawiyah (MTs) sesuai aturan terbaru yang diatur dalam KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab.
Fungsi Kompetensi Inti (KI) yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar (KD) antar Mapel pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada Mapel yang sama pada kelas yang berbeda.
Rumusan Kompetensi Inti (KI) dalam pedoman ini menggunakan notasi:
- KI-1 untuk KI sikap spiritual
- KI-2 untuk KI sikap sosial
- KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep)
- KI-4 untuk KI keterampilan
Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Aspek sikap dibentuk melalui aktivitas yang dapat berupa menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan apa yang ia ketahui.
Sementara aspek pengetahuan dapat dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Sedangkan aspek keterampilan dapat diperoleh antara lain melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.
Berikut Kumpulan KI KD Quran Hadist MTs Sesuai KMA 183 Tahun 2019:
- KI KD Quran Hadist Kelas 7
- KI KD Quran Hadist Kelas 8
- KI KD Quran Hadist Kelas 9
Download Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag RI Tahun 2020.
Selamat datang para peserta AKG, pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag RI Tahun 2020.
Assessment atau penilaian adalah suatu penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk mendapatkan serangkaian informasi tentang hasil belajar dan pencapaian kompetensi dari peserta didik.
Hasil penilaian pembelajaran adalah hasil analisis sejumlah fakta tentang performance (unjuk kerja) peserta didik dalam proses penguasaan kompetensi yang diharapkan.
Fakta-fakta yang dikumpulkan, diolah, dianalisis, diinterpretasi, dan disimpulkan merupakan jabaran kompetensi yang diharapkan (kompetensi dasar minimal) ke dalam sejumlah sub-kompetensi beserta sejumlah indikator dan deskriptor tertentu.
Pengumpulan fakta atau bukti kinerja peserta didik menggunakan instrumen yang disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag 2020.
Berikut Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag 2020:
Pilihlah jawaban yang kalian anggap paling benar !
1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi; b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
4. Assesmen hasil belajar siswa harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)
b. objektip,
c. adil,
d. kooperatip;
e. terpadu.
5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. psikologis
e. kepribadian
6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung;
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,
c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;
7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisan
b. prakatik/kinerja
c. penugasan
d. portofolio
e. penilaian diri
8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal
9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,mata pel lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes
b. menentukan kompetensi yang akan diujikan
c. menentukan materi yg diujikan
d. menentukan batas ketuntasan/lulus
e. menyusun kisi-kisi
A. BUKU KERJA GURU 1
- SKL, KI dan KD
- Silabus
- RPP
- KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
- Kode Etik Guru
- Ikrar Guru
- Tata Tertib Guru
- Pembiasaan Guru
- Kalender Pendidikan
- Analisis Alokasi Waktu
- Program Tahunan
- Program Semester
- Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
- Daftar Hadir Siswa
- Daftar Nilai Siswa
- Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
- Analisis Hasil Penilaian
- Program Remidial dan Pengayaan
- Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
- Jadwal Mengajar Guru
- Daya Serap Siswa
- Kumpulan Kisi-Kisi Soal
- Kumpulan Soal
- Analisis Butir Soal
- Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
- Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
- Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.
Demikian Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag RI Tahun 2020, semoga bermanfat.
Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 1 K-13 Tingkat SD/MI Tahun Pelajaran 2020/2021.
Selamat datang di blog Kampung KB Tumbuh Jaya, pada kesempatan ini, kami berbagi RPP 1 Lembar PAI Kelas 1 K-13 Tingkat SD/MI Tahun Pelajaran 2020/2021.
Sesuai dengan surat edaran yang diterbitkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (MENDIKBUD) Republik Indonesia, Nadiem Makarim pada SE Nomor 14 tahun 2019 tentang anjuran untuk menyederhanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi 1 lembar saja agar lebih efisien, efektif dan berorientasi pada murid-muridnya.
Didalam Contoh RPP 1 lembar ini terdapat 3 hal penting yaitu:
1. Tujuan Pembejalaran
RPP 1 Lembar SD Mata Pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) ini dibuat dengan standar kurikulum 2013 dan juga sesuai kebutuhan para siswa/murid.
Dalam membuat materi pembelajaran pada RPP 1 lembar PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Revisi 2020 ini disederhanakan berdasarakan KD dengan mengunakan kata Kerja Operasional yang dapat diamati dan diukur dari Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan.
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
Proses atau langkah-langkah pembelajarannya ditulis secara singkat dan efektif berupa kegiatan yang bisa mencapai kompetensi dasar Sehingga proses belajar mengajarnya bisa dilakukan secara secara instraktif, insfiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi para siswa.
Proses kegiatan pembalajarannya juga tetap berdasarkan keterampilan abad 21 seperti penguatan pendidikan karakter (PPK) 4C (literasi, critical, thinking, creative thinking, collaboration, dan commnicatioan), serta keterampilan berfikir tingkat tinggi ( HOTS).
3. Penilaian
Untuk penilaian juga dibuat lebih sederhana tetapi tetap sesuai dengan pencapaian kompetensi para siswanya dan mengacu pada standar penilaian di sekolah masing-masing.
Berikut ini adalah RPP 1 Lembar PAI Kelas 1 K-13 Tingkat SD/MI Tahun Pelajaran 2020/2021:
Pelajaran (6) : Ayo Belajar
- Topik 1 : Semangat Belajar Nabi Idris a.s.
- Topik 2 : Doa Belajar
- Topik 3 : Membaca dan Menulis
- Topik 4 : Rajin Belajar
Pelajaran (7) : Ayo Belajar Al-Qur’an
- Topik 1 : Lafal Surah Al-Ikhlas
- Topik 2 : Hafal Surah Al-Ikhlas
- Topik 3 : PEsan Surah Al-Ikhlas
Pelajaran (8) Allah Maha Kuasa
- Topik 1 : Al-Malik
- Topik 2 : Dua Kalimat Syahadat
Pelajaran (9) Ayo Kita Sholat
- Topik 1 : Sholat Wajib
- Topik 2 : Mengaji Di Sekitar Rumah
Pelajaran (10) Perilaku Terpuji
- Topik 1 : Berkata Baik
- Topik 2 : Hormat dan Patuh
- Topik 3 : Bersyukur
- Topik 4 : Pemaaf dan Jujur
- Topik 5 : Percaya Diri
Pelengkap:
- Program Tahunan
- Program Semester
- KKM